Festival Ramadhan Kelurahan Borong 2024, Mempererat Silaturahmi dan Keharmonisan Umat Islam

- Admin

Sabtu, 23 Maret 2024 - 20:38 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Kelurahan Borong Kecamatan Manggala Kota Makassar menggelar Festival Ramadhan dengan tema

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Kelurahan Borong Kecamatan Manggala Kota Makassar menggelar Festival Ramadhan dengan tema "Fullfill The Blessing Ramadhan With Salam". Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengalaman ajaran Islam sesuai Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW, mempererat hubungan silaturahmi, membentuk generasi muda yang Qur'ani, serta mewujudkan rasa solidaritas di kalangan umat Islam, Sabtu (23/3/2024).

Mufasyahnews.com, Makassar – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Kelurahan Borong Kecamatan Manggala Kota Makassar menggelar Festival Ramadhan dengan tema “Fullfill The Blessing Ramadhan With Salam”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengalaman ajaran Islam sesuai Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW, mempererat hubungan silaturahmi, membentuk generasi muda yang Qur’ani, serta mewujudkan rasa solidaritas di kalangan umat Islam, Sabtu (23/3/2024).

Festival yang akan berlangsung dari tanggal 23 hingga 27 Maret 2024 ini diadakan di Masjid Nahdhatul Ummah, Lapangan Komp. Griya Puspita Sari, Jl. Toddopuli 10, dan terbuka untuk seluruh masyarakat Kelurahan Borong kegiatan ini diselenggarakan oleh PMBT Community (Pemuda Masif Bertanah Daeng) dan Pemerintah Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, sebagai bentuk kolaborasi untuk menyemarakkan bulan penuh berkah ini.

Beragam lomba akan diadakan dalam acara ini, antara lain Lomba Adzan, Lomba Tahfidz Al-Quran, Lomba Fashion Show, Lomba Liga Santri, Lomba Shalawat antar Majelis Taklim, dan Lomba Qasidah antar Majelis Taklim.

Acara pembukaan Festival Ramadhan Kelurahan Borong sore tadi ini 23/3/2024 dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Walikota Makassar yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda & Olahraga Makassar, Ketua Forum Kemanusiaan Kota Makassar, Camat Manggala yang diwakili oleh Sekretaris Camat Manggala, Lurah Borong, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua LPM Borong beserta jajarannya, Ketua BKMT Borong beserta jajarannya, Ketua Pengurus Masjid Nahdhatul Ummah, Ketua RT dan RW, serta Masyarakat dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Borong.

Di dalam sambutannya Muhammad Azhar selaku ketua panitia penyelengara kegiatan Menyampaikan “sangat banyak terima kasih atas bantuan dari Bapak Lurah Borong yang telah membantu kegiatan ini bisa terlaksana serta para pihak yang telah membantu penyelenggaraan acara ini.

Tujuan dari kejadian ini adalah untuk mempererat hubungan talisilaturahim dan pembentukan generasi muda yang Qur’ani khususnya masyarakat Kelurahan Borong, Kecamatan Menggala, Kota Makasar.

Kami dari Panitia Festival Ramadan berterima kasih kepada sponsor yang pertama Rumah sakit Termina, yang kedua PS.Tore, yang ketiga Dewi Wulan, yang keempat SPBU Todopuli Raya Timur, yang kelima Todopuli Cell, yang ke enam Barbershop, yang ke tujuh Rumah Roti, yang telah membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Adapun jadwal perasaan festival Ramadan dimulai pada tanggal 23 Maret sampai dengan tanggal 27 Maret 2024. Dengan enam kategori lomba yang sampai saat ini diikuti oleh 129 peserta lomba yang masih ingin membuka pendaftaran bagi adik-adik yang ingin mendaftarkan lomba, silahkan menghubungi Panitia.” Tuturnya.

Sebagai tuan rumah pada kegiatan festival ini yang berlokasi Masjid Nahdhatul Ummah, Lapangan Komp. Griya Puspita Sari, Jl. Toddopuli 10, Drs. Ahmad Ridha M.M Selaku Ketua Pengurus Masjid Nahdhatul Ummah menyampaikan dalam sambutannya “Kami ingin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada para panitia dari PMBT Community (Pemuda Masif Bertanah Daeng) yang telah dengan penuh antusiasme dan dedikasi menyelenggarakan acara ini.

Tanpa kerja keras dan semangat juang dari para panitia, Festival Ramadhan ini tidak akan terlaksana dengan lancar. Juga, kami ingin mengungkapkan rasa syukur atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Makassar dan Provinsi Sulawesi Selatan. Bantuan dan dukungan dari pihak berwenang sangatlah berarti bagi kelancaran dan keberhasilan acara ini.

Kami juga ingin mengingat kembali peristiwa indah tahun lalu di mana kami juga berkesempatan menjadi tuan rumah dalam Festival Ramadhan. Acara tersebut dikelola dengan baik oleh adik-adik panitia Amaliah Ramadan, yang dengan penuh semangat telah menjadikan festival tersebut sebagai momen yang berkesan bagi seluruh peserta.

Kepada seluruh tamu undangan, jamaah, dan seluruh pihak yang hadir di sini, kami mengharapkan agar festival ini tidak hanya menjadi ajang hiburan semata, tetapi juga menjadi ajang untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Mari kita manfaatkan setiap momen di bulan yang penuh berkah ini untuk mendekatkan diri kepada-Nya, memperbanyak amal ibadah, serta meningkatkan kebaikan dalam segala aspek kehidupan.”Ucapnya.

Dr. Udin Syahputra Malik Selaku Ketua Forum Kemanusiaaan Kota Makassar yang hadir di tengah tengah acara pembukaan Festival Ramadhan dalam sambutannya iya menyampaikan “Terima kasih kepada seluruh Bapak dan Ibu yang telah hadir dan berkontribusi dalam kegiatan ini. Kehadiran dan partisipasi Anda semua telah menjadikan festival ini sebagai ajang yang penuh keberkahan dan kebersamaan. Kami berharap agar festival ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh peserta dan masyarakat sekitar.

“Saya juga ingin menyampaikan salam dari Pak Wali Kota Makassar yang tidak dapat hadir di sini hari ini karena memiliki agenda yang mendesak. Beliau berpesan untuk Jagai anakta dengan baik, karena menjaga anakta juga berarti menjaga kebaikan kita semua. Tagline “Baik untuk semua” yang ditekankan oleh Pak Wali mengingatkan kita bahwa upaya kebaikan ini tidak hanya untuk Kota Makassar atau Sulawesi Selatan, tetapi untuk semua individu yang ada di dalamnya,” tuturnya.

Sambil menunggu berbuka puasa bersama serta kegiatan Festival Ramadhan tersebut akan di buka oleh Andi Tenri Lengkap Bau jemma selaku Kepala Dinas Pemuda Dan Olaraga mewakili Sambutan Bapak WaliKota Makassar MenyampaikanPertama-tama, kami ingin menyampaikan penghargaan yang tulus kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam mensukseskan acara ini, terutama kepada anak-anak muda dan masyarakat Borong yang telah turut serta aktif dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Kehadiran dan partisipasi mereka sangatlah berarti, terutama di bulan suci Ramadhan ini di mana kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai ajang silaturahmi dan penguatan dalam kegiatan bersama.

Mari kita terus berkolaborasi dan berusaha bersama untuk menjaga kebaikan, baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat menjadi awal yang baik untuk menciptakan perubahan yang positif bagi Kota Makassar dan Sulawesi Selatan,” ujar Dr. Udin.

Tidak hanya Festival Ramadhan, namun berbagai kegiatan lainnya yang diinisiasi oleh masyarakat serta pemerintah kota Makassar juga mendapatkan perhatian dan dukungan dari Bapak Wali Kota. Ini menunjukkan komitmen yang besar dalam mendukung perkembangan dan kesejahteraan masyarakat di Kota Makassar. Dengan respon yang cepat dan pelayanan yang baik, diharapkan setiap kebutuhan dan aspirasi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik.

Program “Jagai Anakta” yang menjadi salah satu inisiatif pemerintah juga sangat berarti bagi kemajuan generasi muda kita. Dengan memperhatikan dan menjaga anak-anak, kita berinvestasi pada masa depan yang lebih baik bagi Kota Makassar dan Sulawesi Selatan secara keseluruhan.
Kami mengapresiasi setinggi-tingginya atas pelaksanaan Festival Ramadhan ini, dan berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga festival ini tidak hanya menjadi ajang hiburan semata, tetapi juga menjadi momentum untuk memperkuat kebersamaan dan meningkatkan kebaikan bagi kita semua,” tutupnya.

Berita Terkait

Helat Halal Bihalal Idul Adha, Kediaman Indira Yusuf Ismail Ramai Dikunjungi Warga Makassar
Yayasan Tamalatea Makassar Gelar Sholat Idul Adha 1445 H dan Penyembelihan Hewan Kurban
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Prof Zudan Saksikan Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Kubah 99 Asmaul Husna
Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijiriah, Ketua DPRD Sulsel Dampingi Penjabat Gubernur Sulsel Kunjungan Operasi Pasar
Andi Arsjad Harap Kualitas Pelayanan Masyarakat Makin Meningkat di Peresmian Gedung Baru Kanwil Kemenkumham Sulsel
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Usulkan Penetapan 21 Desa Antikorupsi ke KPK
Peringanti Haul Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin yang ke 354 th FKGP-SH Lakukan Ziarah dan Doa Dikatangka
2024 Dikerjakan, Gedung Ammatoa Segera Dibangun Sebagai Pusat Seni Budaya dan Perkantoran

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 07:24 WIB

Helat Halal Bihalal Idul Adha, Kediaman Indira Yusuf Ismail Ramai Dikunjungi Warga Makassar

Senin, 17 Juni 2024 - 14:15 WIB

Yayasan Tamalatea Makassar Gelar Sholat Idul Adha 1445 H dan Penyembelihan Hewan Kurban

Senin, 17 Juni 2024 - 13:55 WIB

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Prof Zudan Saksikan Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Kubah 99 Asmaul Husna

Minggu, 16 Juni 2024 - 14:52 WIB

Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijiriah, Ketua DPRD Sulsel Dampingi Penjabat Gubernur Sulsel Kunjungan Operasi Pasar

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:07 WIB

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Usulkan Penetapan 21 Desa Antikorupsi ke KPK

Rabu, 12 Juni 2024 - 17:33 WIB

Peringanti Haul Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin yang ke 354 th FKGP-SH Lakukan Ziarah dan Doa Dikatangka

Rabu, 12 Juni 2024 - 15:23 WIB

2024 Dikerjakan, Gedung Ammatoa Segera Dibangun Sebagai Pusat Seni Budaya dan Perkantoran

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:18 WIB

Kepulauan Selayar Ikut Ramaikan Festival Sulsel Menari 2024: Libatkan 1000 Penari dan Pecahkan Rekor MURI

Berita Terbaru